Ditemukan Dermaga Kuno Diduga Kuat Dari Zaman Kesultanan Palembang

Palembang, BP
Sebuah tim kecil dari Dinas Pariwisata kota Palembang menemukan sebuah tinggalan bernuansa heritage yang kuat dugaan dari zaman kesultanan Palembang.

Setelah mendapatkan info sebuah foto yang diterangkan merupakan sebuah Tanggo Rajo tim dari Dinas Pariwisata pemerintah kota Palembang dengan beberapa orang penelusur sejarah Palembang di antaranya Rd. Muhammad Ikhsan, RM. Ali Hanafiah dan Yudhy Syaropi melakukan pengecekan pada titik lokasi.

Tanggo kuno tempat pelabuhan sekaligus tepian air ini berada di tepian sungai Musi sekaligus di muara anak sungai yang dikenal sebagai sungai Jeruju di kelurahan Kuto Batu Palembang, Rabu (12/9).
Bangunan batu berupa tangga naik turun ke sungai Musi ini berbentuk sangat unik mirip bangunan di situs cagar budaya Ki Gede ing Suro di situs 3 Ilir.

Menurut Rd. Muhammad Ikhsan yang pertama kali mengamati bangunan yang berfungsi utama juga sebagai pelabuhan ini, bangunan ini tidak ditemukan di sepanjang sungai Musi Palembang.
“Mengamati konstruksi batu bata di bangunan dermaga ini memiliki jenis batu bata pipih dari zaman dulu,” katanya.

Ukuran batu bata di dermaga kuno ini pun ada dua jenis ukuran yang bervariasi.
Menurut Rd. Muhammad Ikhsan pemerintah dalam hal ini instansi yang berwenang harus cepat tanggap meresponnya, bangunan ini tampaknya penting sebagai sejarah dan identitas kota Palembang.#osk

***sumber: Berita Pagi Online

BP/IST Suasana Tanggo kuno tempat pelabuhan sekaligus tepian air ini berada di tepian sungai Musi sekaligus di muara anak sungai yang dikenal sebagai sungai Jeruju di kelurahan Kuto Batu Palembang, Rabu (12/9)

Ref: Berita Pagi

Ref: Berita Pagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s